Batam - Tingkatkan kompetensi SDM kehumasan dalam pelayanan publiknya, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara hadiri Pembukaan Pelatihan Teknik dan Strategi membangun Publikasi Pelayanan Angkatan IV dan V Metode Pembelajaran Klasikal T.A. 2023. Rabu, (21/06/2023).
Dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau, Saffar Muhammad Godam, kegiatan yang diikuti oleh 70 peserta dari 8 wilayah kerja Balai Diklat Hukum dan HAM Kepulauan Riau ini terselenggara dengan harapan dalam mewujudkan efisiensi dan efektivitas dari komunikasi publik yang merupakan tanggung jawab pelaksana kehumasan di satuan kerja Kementerian Hukum dan HAM.
"Unsur terpenting dalam pelayanan publik adalah birokrasi yang adaptif. Adaptif ini merupakan kemampuan dari para pelayan publik untuk beradaptasi dengan perkembangan dan situasi dan kondisi yang ada di masyarakat. Adaptif tersebut juga yang harus diterapkan dalam komunikasi publik kepada masyarakat," jelas Saffar.
Menurutnya, di era disrupsi saat ini, komunikasi publik kepada masyarakat telah beranjak dari yang sebelumnya hanya berlangsung secara tatap muka saat ini lebih banyak menggunakan media sosial dan cenderung bersifat fleksibel.
"Adaptif terhadap kebutuhan masyarakat atas komunikasi publik ini yang menjadi tanggung jawab adik-adik sekalian selaku pelaksana humas," ujarnya.
Untuk itu, Saffar berharap para peserta yang hadir pada pelatihan yang berlangsung sampai dengan tanggal 24 Juni 2023 tersebut dapat menerapkan ilmu yang didapat di satuan kerja masing-masing.
Turut hadir pada pelatihan kali ini Staf Subbagian Hubungan Masyarakat, Reformasi Birokrasi, dan Teknologi Informasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara.