Medan – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara tak henti-hentinya melahirkan inovasi-inovasi dalam meningkatkan pelayanan publik, kali ini sebuah inovasi dari jajarannya yaitu pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan yang di launching langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Imam Suyudi. (Selasa,30/11/2021)
Inovasi yang disebut dengan Mobile Daily Report (MDR) ini di jelaskan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan Tato Juliadin Hidayawan bertujuan untuk mempercepat proses pelaporan kinerja dan menggabungkan dari 5 bidang yang ada di Kanimsus. Aplikasi ini juga dapat diakses masyarakat luas secara up to date serta memenuhi asas transparansi dan akuntabilitas.
Kepala Ombudsman Republik Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Abyadi Siregar dalam sambutannya menyampaikan bahwa di zaman sekarang ini tuntutan teknologi menjadi sebuah keharusan dalam penyelenggaraan pemerintah, tanpa teknologi pasti akan ketinggalan dalam masalah pelayanan. Ombudsman mengapresiasi hal-hal yang ditawarkan dalam aplikasi ini, selain lebih mendekatkan kita ke publik dengan inovasi ini, aplikasi ini juga dapat meningkatkan kualitas kinerja di lingkungan imigrasi maupun kualitas pelayanan secara luas.
“Semoga dengan adanya inovasi ini kualitas penyelenggaraan pelayanan dapat terlaksana dengan baik”, tutup Abyadi.
Sependapat dengan Kepala Ombudsman Perwakilan Sumut, Kakanwil Sumut Imam Suyudi dalam sambutannya juga sangat mendukung inovasi ini karena akan memangkas dalam sisi efisiensi pekerjaan yang kita laksanakan, apalagi dalam pekerjaan dibutuhkan kecepatan.
“Saya sangat mengapresiasi inovasi ini dan setelah di launching agar segera dimanfaatkan karena sangat membantu dalam lingkungan imigrasi. Yang penting berikutnya ialah masyarakat dan stakeholder harus juga mengetahui mengenai inovasi ini.”, jelas Kakanwil.
Turut hadir dalam kegiatan ini Plt. Kepala Divisi Keimigrasian sekaligus Kepala Divisi Administrasi Betni Humiras Purba, serta Pejabat dan pegawai pada Kanimsus Medan.