Medan - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara, melalui Bidang HAM Divisi Pelayanan Hukum dan HAM mengadakan kegiatan Rapat Monitoring dan Evaluasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Survei Persepsi Anti Korupsi dan Survei Persepsi Kualitas Pelayanan (SPAK-SPKP) pada satuan kerja di wilayah Kanwil Kemenkumham Sumut, berpusat di Aula Soepomo Kanwil Kemenkumham Sumut. (12/06/24)
Membuka kegiatan, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Alex Cosmas Pinem menyampaikan bahwa di dalam Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik diamanatkan untuk membangun kepercayaan masyarakat melalui penyelenggarakan pelayanan publik yang berkualitas. Oleh karena itu, Kemenkumham sebagai salah satu Kementerian yang menangani urusan-urusan atau masalah-masalah hukum dan hak asasi manusia perlu terus memastikan penyelenggaran publik yang dilakukan telah dapat menjawab kebutuhan masyarakat yang dinamis dan terus berkembang di era globalisasi sekarang ini.
Alex juga menyampaikan untuk mengatasi masalah tersebut Kemenkumham telah melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) melalui Survei Persepsi Kualitas Pelayanan (SPKP) dan Survei Persepsi Anti Korupsi (SPAK) yang pelaksanaannya harus di monitoring supaya tetap berjalan dengan baik dan juga harus dievaluasi pelaksanaanya untuk dijadikan sebagai sarana memperbaiki pelayanan di setiap satuan kerja termasuk kanwil sebagai satuan kerja.
“Kiranya hasil daripada pelaksanaan survei ini dapat bermanfaat dan dapat menjadi rekomendasi kepada pemangku kebijakan/stakeholders untuk dapat mengambil langkah maupun apa saja yang akan diperbaiki kedepannya.”, harap Alex menutup sambutannya.
Kegiatan ini juga mengundang narasumber dari Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara yaitu Francisca Wenny dan Adelina Octavia Sihombing, yang menyampaikan mengenai Evaluasi Survei IPK-IKM Tahun 2024. Dan dilanjutkan dengan narasumber dari Bank Syariah Indonesia (BSI) yaitu Prima dan Fariz selaku Regional Service Quality Officer, yang menyampaikan terkait Service Excellent, bagaimana pemberian pelayanan publik dan tata cara pemberian pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik.
Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Bidang HAM Flora Nainggolan, Kepala Subbidang Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Hak Asasi Manusia Bram Gun Saulus Lumban Gaol, operator survei dan duta layanan pada Kanwil Kemenkumham Sumut, PPNPN dan security serta operator survei pada satker Kanwil Kemenkumham Sumut yang mengikuti secara virtual.