Kabar Kantor Wilayah

Indeks Berita Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI

Halal Bihalal Warga Pengayoman

 

hl2Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara menggelar acara Halal Bihalal bagi Warga Pengayoman Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, bertempat di Aula Pengayoman Lantai V jalan Putri Hijau No. 4 Medan. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah, Para Kepala Divisi, Pejabat Struktural, Kepala UPT Pemasyarakatan, Imigrasi, BHP Medan sekitranya, Para Purna Bhakti, Ketua Dharma Wanita Persatuan Unit Pengayoman, Staf Kantor Wilayah dan undangan lainnya. Acara Halalbihalal 1432 H mengangkat Tema "Dalam Pelaksanaan Halalbihalal Mari Kita Jalin Hubungan Silaturahim dan Peningkatan Kinerja pada Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara".

Al' Ustadz M. Hasbi Mawardi Lubis, S.Ag dalam tausyahnya menyampaikan, ada 3 (tiga) ciri-ciri orang yang bertaqwa, yaitu : 
1. Rajin berinfaq dan bersodaqoh,
gemar berinfaq dan bersodaqoh erat kaitannya dengan dengan mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Kita dituntut untuk lebih peka dengan saudara-saudara kita yang kurang beruntung. Oleh karenanya marilah kita sisihkan sebagian rezeki kita untuk membantu saudara-saudara kita yang memerlukan bantuan dalam rangka meringankan beban yang mereka derita. 
2. Menjaga Amarah/ Emosi
, setiap umat manusia dituntut senantiasa untuk menjaga dan mengendalikan amarah, karena sesungguhnya amarah dan dendam itu hanyalah perusak hati dan sesuatu pekerjaan yang dibenci oleh Allah. Manusia laksana sebuah bantal, dimana kulit luarnya beraneka warna, ada yang biru, merah dll, akan tetapi setelah dibuka pembalutnya maka dibagian sebelah dalam terdapat beberapa bercak maupun goresan. Kemarahan tidak akan dapat menyelesaikan persoalan, akan tetapi justru sebaliknya hanya meninggalkan penyesalan. Oleh karena itu Al'Ustadz berharap agar kiranya, masing-masing kita dapat membuka pintu maaf dalam rangka menjaga tali salitaruahim dalam membangun bangsa dan negara ini. 
3. Saling Berma'afan-ma'afan, 
momentum Idul Fitri adalah kembali ke fitrah (suci) setelah menjalani proses perjuangan selama 1 (satu) bulan kita menahan dan melawan hawa nafsu. Secara manusiawi proses permintaan maaf memang mudah untuk dilakukan, akan tetapi pemberian maaf justru malah sebaliknya. Akan tetapi Allah SWT mengajarkan kepada hambanya agar senantiasa berma'af-ma'afan sebagai bentuk penghapusan dosa yang telah kita lakukan sebelumnya. Karena sesungguhnya pada hakekatnya manusia diciptakan di muka bumi ini tidak ada yang sempurna. Makna perjuangan melaksanakan ibadah puasa bukan sesuatu pekerjaan yang mudah dan gampang untuk dilaksanakan, karena didalamnya banyak terdapat godaan maupun hambatan. Oleh karenanya marilah kita syukuri bahwasanya kita telah dapat menyelesaikan perjuangan ini dan tentunya berharap mendapat predikat Taqwa, Insa Allah.

 

hl3Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah (Baldwin Simatupang, Bc.IP.SH.MH) menyampaikan, dalam rangka cara Halalbihalal ini, izinkanlah kami sekeluarga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H, Minal Aidhin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Acara Halalbihalal ini merupakan momentum yang tepat dalam rangka menjaga hubungan silaturahim antara sesama warga pengayoman. Lebih jauh Kakanwil mencapaikan salah satu upaya Reformasi Birokrasi (RB) adalah meningkatkan kinerja dalam rangka menuju good governance dan clean government. Karenanya peningkatan kinerja tersebut tidak bisa ditawar-tawar lagi, mengingat Pemerintah saat ini telah memberikan suatu penghargaan yang tinggi terhadap kita, khususnya personil dijajaran Kementerian Hukum dan HAM dengan telah diberikannya tunjangan kinerja. peningkatan kinerja dapat dilakukan dengan melalui 3 (tiga) tahapan, yaitu : Dipaksa, Terpaksa, lalu menjadi Terbiasa.

Dengan demikian, Kakanwil menekankan dalam menjalankan tugas fungsi masing-masing, kita senantiasa di tuntut untuk melakukan berbagai perubahan, yaitu : perubahan pola pikir, perubahan budaya kerja, dan perubahan perilaku. Acara halalbihalal tersebut dirangkai dengan pemnberian tali kasih kepada pegawai dijajaran Kantor Wilayah yang telah memasuki masa purna bhakti, hal ini bertujuan dalam rangka membangun dan menjalin tali silaturahim dianatara personil dijajaran Kantor Wilayah, baik yang masih aktif maupun yang sudah maemasuki masa pensiun. Disamping itu kegiatan juga diisi dengan Lounching Kios Mini Kejujuran KPPDK Kantor Wilayah. Semua permodalan Kios Mini ini di danai oleh Koperasi KPPDK Kantor Wilayah, yang berasal dari anggota, oleh anggota, dan untuk anggota. Tujuan pembentukan Kios Mini Kejujuran ini selain untuk meningkatkan kesejahteraan bagi anggota, juga bertujuan untuk mengetahui sejauhmana tingkat kejujuran yang dimiliki oleh setiap insan Pengayoman Kantor Wilayah, karena Kios Mini tidak dijaga oleh Petugas maupun Pengurus Koperasi.

Sedangkan Kepala Bidang HAM (Nasrul. AR.S.H) selaku Ketua Pelaksana Kegiatan Halalbihalal dalam sambutan nya menyampaikan apresiasi dan ucapkan terimakasih yang tinggi, kepada seluruh panitia dan seluruh petugas yang terlibat dalam kegiatan ini sehingga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. by Humas

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
PROVINSI SUMATERA UTARA
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Putri Hijau No. 4, Kesawan, Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara 20112
PikPng.com phone icon png 604605   081260894926
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilsumut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    humas.kanwilsumut@gmail.com

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI SUMATERA UTARA


         

  Jl. Putri Hijau No. 4, Kesawan, Medan Barat,
Kota Medan, Sumatera Utara 20112
  081260894926
  kanwilsumut@kemenkumham.go.id
  humas.kumhamsumut@gmail.com

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI