Medan - Tingkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat, Kepala Bidang Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Bintang Napitupulu, himbau seluruh divisi untuk kembangkan inovasi terbaru. Kamis, (28/03/2024).
Dalam paparannya selaku narasumber Coffee Morning pagi ini, Bintang menyampaikan bahwa peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan inti dari pembangunan Zona Integritas yang dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara. Kualitas pelayanan publik tersebut dapat ditingkatkan melalui pengembangan-pengembangan inovasi, baik dengan aplikasi maupun inovasi bukan aplikasi.
"Membangun Zona Integritas pada intinya adalah untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat dengan berbagai inovasi-inovasi, baik itu inovasi berbentuk aplikasi maupun inovasi bukan aplikasi," ujarnya.
Inovasi-inovasi dimaksud juga tidak terbatas pada inovasi untuk layanan yang ada di Divisi Pelayanan Hukum dan HAM. Sebagai anggota dari Tim Pokja Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Bintang merasa pelayanan publik yang diberikan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara tidak hanya terbatas pada pelayanan yang diberikan oleh Divisi Pelayanan Hukum dan HAM.
Ia tidak mempungkiri bahwa divisinya memiliki banyak pelayanan kepada publik, tetapi, divisi lain pun memiliki pelayanan-pelayanan yang dapat dikembangkan dalam rangka membangun Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).
"Kalau bisa, tidak hanya inovasi dari Divisi Pelayanan Hukum dan HAM saja. Mungkin dari Divisi Keimigrasian bisa membuat inovasi di dalam pengurusan passport. Dari Divisi Pemasyarakatan juga mungkin bisa membuat inovasi terkait proses jenguk WBP," usul Bintang.
Turut hadir pada kegiatan hari ini Kepala Bagian Umum, Syafriadi Lubis, Kepala Bagian Program dan Hubungan Masyarakat, Hotmonaria Damanik, dan seluruh pegawai Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara.