Di era Revolusi Industri 5.0, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara atau sering juga disebut Kemenkumham Sumut terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Salah satu terobosan yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi digital.
Kemenkumham Sumut telah mengembangkan berbagai aplikasi untuk mempercepat transformasi digital, di antaranya Sahabat Kusuma, Simanja Nya Kusuma, SIPOLTAK, MonWai KPP, Siaparat dan Sepadan. Sahabat Kusuma semula dibangun untuk menjadi portal layanan bagi masyarakat yang bisa diakses secara online dan kini untuk mempermudah masyarakat, Sahabat Kusuma dikembangkan menjadi Sahabat Kusuma New dengan mengintegrasikan seluruh inovasi berbasis IT yang ada di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara.
SAHABAT KUSUMA NEW
Portal layanan satu pintu inovatif dari Kemenkumham Sumut. Portal ini mengintegrasikan seluruh layanan publik yang mempermudah masyarakat terhadap berbagai layanan publik, layanan internal dan layanan pengaduan di satu portal e-office.
Layanan publik ini seperti Pelaporan Kenotariatan (SIPOLTAK), Survei 3AS, Pengharmonisasian Rancangan Produk Hukum Daerah, Sistem Informasi Penelitian Hukum dan HAM (SIPKUMHAM), Layanan Kekayaan Intelektual (DGIP), Izin PKL dan Penelitian, serta Manajemen Pengguna Layanan.
Sementara bagi layanan Internal, Sahabat Kusuma New dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas internal Kanwil Kemenkumham Sumut, seperti Penentuan Pegawai Teladan, Pengaduan Masyarakat, CMS SAHABAT KUSUMA NEW, Survey Monev Pegawai, Pencatatan Kompetensi, Monitoring Kenaikan Pangkat dan Pensiun dan Penomoran Surat.
Selain layanan publik dan layanan internal, Sahabat Kusuma New juga memberikan saluran bagi masyarakat untuk menyampaikan pengaduan terkait kinerja Kemenkumham Sumut.
Pengembangan aplikasi-aplikasi ini menunjukkan komitmen Kemenkumham Sumut dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, mempermudah akses masyarakat terhadap layanan Kemenkumham, meningkatkan efisiensi dan efektivitas internal Kanwil Kemenkumham Sumut, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas kinerja Kanwil Kemenkumham Sumut, dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap Kemenkumham Sumut.
Kemenkumham Sumut terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui pemanfaatan teknologi digital. Dengan terobosan-terobosan ini, diharapkan Kemenkumham Sumut dapat menjadi instansi yang modern, transparan, dan akuntabel.