Kabar Kantor Wilayah

Indeks Berita Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI

Kemenkumham Sumut Terus Berinovasi di Era Revolusi Industri 5.0

22 04 24 SK

Di era Revolusi Industri 5.0, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara atau sering juga disebut Kemenkumham Sumut terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Salah satu terobosan yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi digital.

Kemenkumham Sumut telah mengembangkan berbagai aplikasi untuk mempercepat transformasi digital, di antaranya Sahabat Kusuma, Simanja Nya Kusuma, SIPOLTAK, MonWai KPP, Siaparat dan Sepadan. Sahabat Kusuma semula dibangun untuk menjadi portal layanan bagi masyarakat yang bisa diakses secara online dan kini untuk mempermudah masyarakat, Sahabat Kusuma dikembangkan menjadi Sahabat Kusuma New dengan mengintegrasikan seluruh inovasi berbasis IT yang ada di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara.

SAHABAT KUSUMA NEW
Portal layanan satu pintu inovatif dari Kemenkumham Sumut. Portal ini mengintegrasikan seluruh layanan publik yang mempermudah masyarakat terhadap berbagai layanan publik, layanan internal dan layanan pengaduan di satu portal e-office.

Layanan publik ini seperti Pelaporan Kenotariatan (SIPOLTAK), Survei 3AS, Pengharmonisasian Rancangan Produk Hukum Daerah, Sistem Informasi Penelitian Hukum dan HAM (SIPKUMHAM), Layanan Kekayaan Intelektual (DGIP), Izin PKL dan Penelitian, serta Manajemen Pengguna Layanan.

Sementara bagi layanan Internal, Sahabat Kusuma New dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas internal Kanwil Kemenkumham Sumut, seperti Penentuan Pegawai Teladan, Pengaduan Masyarakat, CMS SAHABAT KUSUMA NEW, Survey Monev Pegawai, Pencatatan Kompetensi, Monitoring Kenaikan Pangkat dan Pensiun dan Penomoran Surat.

Selain layanan publik dan layanan internal, Sahabat Kusuma New juga memberikan saluran bagi masyarakat untuk menyampaikan pengaduan terkait kinerja Kemenkumham Sumut.

Pengembangan aplikasi-aplikasi ini menunjukkan komitmen Kemenkumham Sumut dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, mempermudah akses masyarakat terhadap layanan Kemenkumham, meningkatkan efisiensi dan efektivitas internal Kanwil Kemenkumham Sumut, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas kinerja Kanwil Kemenkumham Sumut, dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap Kemenkumham Sumut.

Kemenkumham Sumut terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui pemanfaatan teknologi digital. Dengan terobosan-terobosan ini, diharapkan Kemenkumham Sumut dapat menjadi instansi yang modern, transparan, dan akuntabel.

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
PROVINSI SUMATERA UTARA
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Putri Hijau No. 4, Kesawan, Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara 20112
PikPng.com phone icon png 604605   081260894926
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilsumut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    humas.kanwilsumut@gmail.com

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI SUMATERA UTARA


         

  Jl. Putri Hijau No. 4, Kesawan, Medan Barat,
Kota Medan, Sumatera Utara 20112
  081260894926
  kanwilsumut@kemenkumham.go.id
  humas.kumhamsumut@gmail.com

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI