Medan – “SAHABAT KUSUMA NEW”, sebagai Portal Layanan Satu Pintu Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara merupakan Inovasi layanan terpadu digital yang menggabungkan seluruh pelayanan di keempat divisi pada Kanwil Kemenkumham Sumut, baik berupa Layanan Publik, Layanan Internal, maupun Layanan Pengaduan.
Adinda Fitra Rahmawanti Dewi, jabatan JFT Pranata Komputer Pertama selaku Tim Pengembang dari Subbagian Humas, RB, dan TI menjelaskan mengenai perkembangan inovasi ini yang sebelumnya bernama Sahabat Kusuma, kini berubah menjadi Sahabat Kusuma New, pada kegiatan coffee morning bertempat Aula Soepomo lt. 5 Kanwil Kemenkumham Sumut. (20/02/24)
Dalam penjelasannya Adinda menyampaikan bahwa perkembangan inovasi Sahabat Kusuma New ini telah menggabungkan semua inovasi-inovasi Kantor Wilayah di satu portal E-Office, mulai dari Penomoran Surat, Penentuan Pegawai Teladan, Monitoring Kenaikan Pangkat dan Pensiun, Manajemen Pengguna Layanan, hingga Pelaporan Kenotariatan (SIPOLTAK). Adinda juga menyampaikan penambahan satu fitur terbaru yaitu Survey Monev Pegawai yang merupakan Survey terhadap Pegawai yang melakukan monitoring dan evaluasi ke UPT.
Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Divisi Administrasi Sahata Marlen Situngkir, Kepala Divisi Pemasyarakatan Rudy Fernando Sianturi, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas serta Pegawai di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumut.