Kabar Kantor Wilayah

Indeks Berita Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Kanwil Kemenkumham Sumut Lakukan Monev Berbasis Survei IPK-IKM

monev survei september1

Medan – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Indeks Persepsi Korupsi dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IPK-IKM) pada satuan kerja di wilayah Kanwil Kemenkumham Sumut, berpusat di Aula Soepomo. (12/09)

Membuka kegiatan, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Alex Cosmas Pinem menyampaikan pentingnya membangun kepercayaan masyarakat melalui penyelenggarakan pelayanan publik yang berkualitas yang diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Pelayanan yang kita lakukan tersebut juga harus terukur yang mana pada saat ini layanan kita tersebut didukung oleh teknologi Survei Indeks Persepsi Korupsi dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IPK-IKM) berdasarkan aplikasi 3AS untuk mendukung penyusunan rekomendasi terkait hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan.

Alex juga menyampaikan berdasarkan konsistensi dan jumlah pengisian Survei Integritas pada tahun 2022, Sumatera Utara menjadi pengisi terbaik dengan jumlah tertinggi. Namun di sisi lain terdapat beberapa fakta yang ditemukan yaitu; pertama masih terdapat satuan kerja yang tidak melakukan pengisian Survei IPK-IKM, kedua hasil survei IPK-IKM tidak diupload pada website ataupun sosial media satuan kerja, ketiga masih terdapat responden yang kurang dari 30, selanjutnya masih terdapat pengisian Survei Integritas yang tidak diikuti seluruh jumlah pegawai 100 %, dan yang terakhir masih terdapat hasil pengisian survei integritas yang beraneka ragam.

“Untuk itu pada kesempatan ini saya tegaskan kepada seluruh jajaran supaya konsisten mengisi dan memanfaatkan layanan berbasis Survei IPK-IKM di setiap satuan kerja masing-masing setiap bulannya untuk meningkatkan pelayanan publik kita diseluruh satuan kerja”, tutup Alex.

Kegiatan ini juga mengundang narasumber dari Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara yaitu Francisca Wenny dan Aida Meimela, yang menyampaikan Evaluasi Survei IPK-IKM Tahun 2023. Dan dilanjutkan dengan narasumber dari Bank Negara Indonesia (BNI) yaitu Natalia Isura Perangin-Angin, yang menyampaikan terkait Revolution Service Excellence.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Bidang HAM Flora Nainggolan, Kepala Subbidang Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Hak Asasi Manusia Bram Gun Saulus Lumban Gaol, Kepala Subbidang Pemajuan Hak Asasi Manusia Desni Prianty Eff Manik, operator survei dan duta layanan pada Kanwil Kemenkumham Sumut, PPNPN dan security serta operator survei pada satker Kanwil Kemenkumham Sumut yang mengikuti secara virtual.

monev survei september2

monev survei september3

monev survei september4

monev survei september5

monev survei september6

monev survei september7

monev survei september8

monev survei september9

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
PROVINSI SUMATERA UTARA
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Putri Hijau No. 4, Kesawan, Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara 20112
PikPng.com phone icon png 604605   081260894926
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilsumut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    humas.kanwilsumut@gmail.com

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI SUMATERA UTARA


         

  Jl. Putri Hijau No. 4, Kesawan, Medan Barat,
Kota Medan, Sumatera Utara 20112
  081260894926
  kanwilsumut@kemenkumham.go.id
  humas.kumhamsumut@gmail.com

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI