Medan, Peningkatan kualitas layanan publik harus berpedoman pada prinsip hak asasi manusia dengan berorientasi pada kebutuhan, kepastian, dan kepuasan penerima layanan publik. Hal itu sebagai bagian dari upaya memenuhi tanggung jawab pemerintah dalam pelaksanaan penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan hak asasi manusia.
Kanwil Kemenkumham Sumut diwakili Kepala Bidang HAM Flora Nainggolan, Perancang Perundang-undangan Nur Fatmah G, Penyuluh Hukum Desniar Damanik kunjungi Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan. Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan sebagai salah satu Instansi Pemerintah sebagai Proyek Percontohan Pelayanan Publik Berbasis HAM Tahun 2022 di Provinsi Sumatera Utara. Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal HAM Nomor : HAM-09.HA.03.02 Tahun 2022 tanggal 27 Mei 2022.
Perwakilan Kanwil diterima oleh Sri Maharani Sekretaris Disdukcapil Kota Medan, Dra. Naimah Mardhiah Matondang Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Arpian Saragih Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan beserta Tim.
“Pelayanan Publik Berbasis HAM sebagaimana diamanatkan dalam Permenkumham Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pelayanan Publik Berbasis HAM. Tujuannya untuk mewujudkan pelayanan Unit Kerja yang berpedoman pada Prinsip HAM, mewujudkan pelayanan yang cepat, tepat, berkualitas, tidak diskriminatif, serta bebas dari pungutan liar, suap, korupsi, kolusi, dan nepotisme, mewujudkan kepastian dan kepuasan penerima layanan serta penguatan akuntabilitas kinerja atas layanan publik yang diberikan.” tutur Flora di ruang kerja Sekretaris Disdukcapil Kota Medan (Kamis,27/10/22)
“Kunjungan kali ini bertujuan untuk menindaklanjuti rapat yang diselenggarakan beberapa waktu lalu antara Kanwil Kemenkumham Sumut, Instansi yang diusul dari Provinsi Sumatera Utara dan Ditjen HAM Kemenkumham RI” lanjutnya
Sri Maharani menyampaikan terima kasih atas kesempatan dapat diikutkan dalam Proyek Percontohan Pelayanan Publik Berbasis HAM. “Kami akan berupaya semaksimalnya untuk memenuhi indikator yang ditetapkan dan berharap diberikan masukan-masukan untuk peningkatan layanan kami kedepannya.” kata Sri
Senada dengan itu, Flora memberikan masukan terkait sarana dan prasarana serta memastikan kesiapan seluruh petugas untuk dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan SOP yang berlaku. (Humas/FM)