Kabar Kantor Wilayah

Indeks Berita Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI

Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut Gelar Monitoring dan Evaluasi SP dan SOP Tahun 2024

03.06.24TALAK1

Medan, 3 Juni 2024 – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara mengadakan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Standar Pelayanan (SP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP) di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara Tahun 2024. Acara ini dinarasumberi oleh Meliana Kristanti dan Surohmat Fai selaku Pelaksana pada Biro Perencanaan.

"Standar pelayanan merupakan tolak ukur yang digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan," ungkap Sahata Marlen Situngkir selaku Kepala Divisi Administrasi. Ia menekankan pentingnya standar pelayanan dalam memberikan layanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan teratur kepada masyarakat.

Pelaksanaan kegiatan ini dilatarbelakangi oleh Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, yang memberikan arahan kepada semua penyelenggara pelayanan untuk menerapkan standar pelayanan yang telah ditetapkan. Standar ini meliputi 14 komponen utama yang harus dipenuhi oleh penyelenggara layanan publik, baik dari sektor pemerintah, BUMN, BUMD, BHMN, swasta, maupun perorangan.

Beberapa komponen yang ditekankan dalam standar pelayanan tersebut antara lain: dasar hukum, persyaratan, sistem, mekanisme dan prosedur, jangka waktu penyelesaian, biaya/tarif, produk pelayanan, sarana dan prasarana, kompetensi pelaksana, pengawasan internal, penanganan pengaduan, jumlah pelaksana, jaminan pelayanan, jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan, serta evaluasi kinerja pelaksanaan.

"Jajaran Kantor Wilayah terus berbenah dan berkomitmen dalam menyelenggarakan pelayanan publik yang bebas dari KKN," lanjut beliau. Diharapkan, kehadiran para peserta dalam kegiatan ini akan meningkatkan pemahaman mereka tentang pelaksanaan pelayanan publik, yang nantinya dapat diaplikasikan di tempat tugas masing-masing.

Beliau juga mengharapkan para peserta untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, berbagi pengetahuan, dan menerapkan pemahaman yang didapat selama kegiatan berlangsung. Dengan demikian, kualitas pelayanan publik di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara dapat terus ditingkatkan.(HUMAS/MR.R).

03.06.24TALAK5

 

03.06.24TALAK5

03.06.24TALAK5

03.06.24TALAK5

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
PROVINSI SUMATERA UTARA
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Putri Hijau No. 4, Kesawan, Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara 20112
PikPng.com phone icon png 604605   081260894926
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilsumut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    humas.kanwilsumut@gmail.com

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI SUMATERA UTARA


         

  Jl. Putri Hijau No. 4, Kesawan, Medan Barat,
Kota Medan, Sumatera Utara 20112
  081260894926
  kanwilsumut@kemenkumham.go.id
  humas.kumhamsumut@gmail.com

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI