UPACARA PERINGATAN HARI BHAKTI IMIGRASI KE-63 KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA SUMATERA UTARA

Upacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi Ke-63 pada tanggal 26 Januari 2013 bertempat di Lapangan Upacara Kantor Imigrasi Klas I Khusus Medan dihadiri oleh segenap jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara khususnya Divisi Keimigrasian, jajaran Unit Pelaksana Teknis Keimigrasian di Kota Medan dan sekitarnya, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di Kota Medan dan sekitarnya, Perwakilan Purnawirawan Pegawai Negeri Sipil Keimigrasian, dan Pers. Upacara ini dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara selaku Inspektur Upacara.

Kinerja Kementerian, pelayanan prima kepada masyarakat, dan pendayagunaan aparatur negara menjadi prioritas untuk mewujudkan Reformasi Birokrasi di tubuh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia khususnya Keimigrasian. Kinerja Kementerian mengacu pada penyerapan anggaran yang tinggi dan pelayanan prima kepada masyarakat dioptimalkan sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat, sedangkan pemberdayaan aparatur negara terkait dengan kebijakan baru untuk dapat mengikuti kemajuan teknologi informasi dan inovasi. Oleh karenanya pada peringatan Hari Bhakti Imigrasi Ke-63, diminta kepada seluruh jajaran Imigrasi untuk menyukseskan target capaian dan sasaran kinerja sesuai dengan tema yang diangkat yaitu "Optimalisasi pelayanan keimigrasian yang transparan, akuntabel, dan responsif terhadap pengaduan masyarakat".

Melalui sambutan Bapak Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia disampaikan apresiasi dan bangga atas peningkatan pelayanan dan pengawasan, namun tetap diingatkan untuk hindari praktek tidak terpuji seperti pungutan liar dan Biro Jasa di lingkungan unit kerja Imigrasi. Berkaitan dengan paspor, pihak Keimigrasian telah mendapat inovasi yaitu mengenai proses pembuatan paspor dalam waktu satu hari akan diberlakukan secara nasional di seluruh Kantor Imigrasi di Republik Indonesia. Selain itu, dalam hal perpanjangan dan penggantian paspor akan dilakukan kemudahan dan penyederhanaan persyaratan. Namun perlu disadari bersama, program ini akan terlaksana dengan baik jika mendapat dukungan dari seluruh jajaran Imigrasi. (Humas)