BIMBINGAN TEKNIS APLIKASI SDP KEMENKUMHAM KANWIL SUMUT

 

IMG-20121218-00792

 

 

 

 

 

 

 

Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM bekerjasama dengan Kementerian Hukum dan HAM Kanwil Sumatera Utara menyelenggarakan Bimbingan Teknis Aplikasi SDP bertempat di Aula Kemenkumham Kanwil Sumut, (18-20/12). Dengan dihadiri oleh para peserta yang berjumlah 35 peserta berasal dari perwakilan pegawai Bagian Registrasi di Lapas dan Rutan wilayah Sumut. Bimtek yang dilangsungkan dibuka oleh Kakanwil Kemenkumham Sumut, Bapak Budi Sulaksana, SH,M.Si.

Tim Pengajar Bimbingan Teknis Aplikasi SDP berasal dari Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham terdiri dari M. Sofyan Arief (Kasi Pengembangan Sistem Database), Encup Supriyadi (Kasi Pengamanan dan Pemeliharaan Jaringan) dan Arif Rahman (Staf Seksi Pengamanan dan Pemeliharaan Jaringan).

IMG 8603

IMG 8587

IMG 8591

Materi Bimtek yang diajarkan diantaranya berkaitan dengan pengaplikasian SDP termasuk metode penginputan untuk register baru bagi WBP baru. Penginputan registrasi Data WBP baru pada Registrasi A1 bertujuan agar data WBP jelas dan akurat/tersajinya data, sebagai bahan dasar penilaian UKP4, KPK dan institusi lain ketika akan memverifikasi data WBP.

M. Sofyan Arief dalam materi Bimtek yang diajarkan menyampaikan SDP nantinya akan menjadi standar kerja Registrasi di Lapas dan Rutan. Dan SDP ini juga akan menjadi standar bagi seluruh UPT di Indonesia.

Melalui Bimtek SDP dalam rangka optimalisasi hasil Monitoring dan Evaluasi Rencana Aksi Divisi Pemasyarakatan salah satunya optimalisasi layanan Pemasyarakatan berbasis Teknologi Informasi dan pengelolaan SDP di wilayah Sumatera Utara akan mendukung percepatan capaian Program Aksi Nasional Kementerian Hukum dan HAM RI Tahun 2012. (Humas)